KULIAH UMUM : MAHASISWA BERKARAKTER, CALON PEMIMPIN ABAD 21

Posted on Posted in Akhlak, Hikmah, Kampus

FAUZI_KULIAH UMUM 19032016

STMIK PRINGSEWU – Abad 21 yang sedang dijalani oleh manusia sejagad hari ini ternyata jauh berbeda dengan abad-abad sebelumnya. Jarak dunia yang begitu dekat, komunikasi antar penduduk yang mudah dan cepat, mobilitas dan pergerakan manusia yang tidak mudah dibatasi. Peran seseorang atau sekelompok orang tidak dengan mudah dapat dikendalikan oleh orang atau kelompok orang lain. Jejaring social yang hadir dalam dunia kedua (dunia maya) sebagai bentuk pola komunikasi antar personal di abad 21 ini, secara tidak langsung dapat saja mengeser arahan pemimpin konvensional.

Kehadiran pemimpin di abad 21 masehi dalam berbagai tingkatannya seringkali kurang peka mengikuti kecepatan perubahan yang diniscayakan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21, akibatnya banyak pemimpin yang salah arah, salah tingkah dan tidak jarang ditinggalkan pengikutnya. Semestinya pemimpin harus dapat dijadikan ikutan oleh orang yang dipimpinnya. Pemimpin itu adalah imam. Imam berarti ikutan bagi makmum (orang yang dipimpinnya) dalam kebaikan.

Dalam kehidupan bernegara pemimpin merupakan jabatan yang dipegang oleh seseorang untuk mengatur masalah yang dipercayakan kepadanya.

Sosok ideal seorang pemimpin di abad 21 dan masa datang tentu tidak mungkin sama dengan pemimpin sebelum ini, karena tantangan dan situasi yang dihadapinya sangat berbeda. Kreteria pemimpin masa datang harus lebih dari pemimpin yang ada sekarang.

Sikap kepemimpinan yang memberdayakan orang-orang disekitarnya diyakini akan mempercepat tercapai tujuan organisasi. Masa datang yang memerlukan kecepatan dan keakuratan memerlukan manajemen yang berbasis pemberdayaan. Memberikan kepercayaan kepada bawahan, teman sejawat dan pihak lain yang terkait dengan sistim yang dibangun akan memberikan peluang adanya pemberdayaan.
ANANG PRIHANTORO

Ir. Anang Prihantoro yang dikenal sebagai Senator Caping Gunung, anggota DPD RI dari Propinsi Lampung, pria kelahiran Nambah Dadi, Lampung pada tanggal 10 April 1965 Lulusan S1 Fakultas Pertanian Universitas Lampung ini berkenan memberikan Kuliah Umum di STMIK Pringsewu pada hari Sabtu, 19 Maret 2016. Beliau menyampaikan kuliah umum dengan tema “Mahasiswa Berkarakter, Calon Pemimpin Abad 21”. (*na)

Facebook Comments
(Visited 65 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *